domain org domain or.id untuk yayasan

Cara Memilih nama domain untuk yayasan

Di jaman perkembangan teknologi yang sangat pesat, akan ada banyak bentuk publikasi digital yang harus dimiliki sebuah organisasi. Ini sangat penting untuk memberikan eksposur dan juga identitas bagi yayasan atau organisasi tersebut. Tanpa adanya publikasi secara online, maka masyarakat umum pun akan kesusahan mencari tau informasi tentang sebuah organisasi tersebut. Beberapa bentuk publikasi secara online yang mungkin anda sudah ketahui adalah seperti media sosial. Selain itu, ternyata ada juga platform lainnya seperti website. Website sangat efektif dalam mempromosikan yayasan anda. Maka dengan itu, anda pun harus pandai memilih nama domain untuk yayasan yang tepat.

Ada banyak informasi yang bisa dimuatkan dalam sebuah website. Rata rata semua organisasi atau yayasan akan mempunyai sebuah website atau situs untuk publikasi. Publikasi ini pun bisa dalam bentuk artikel, posting foto, video dan sebagainya. Tanpa adanya website, maka organisasi tersebut bisa dibilang belum terkenal atau tidak terpercaya. Sehingga peran publikasi seperti memiliki website sendiri pun sangat penting.

Apa itu Nama Domain Untuk Yayasan?

Dalam setiap website, akan ada identitas unik yang anda mungkin pernah lihat. Contohnya adalah .com atau juga .co.id. Ini sudah sering ditemukan oleh anda semua saat melakukan browsing di internet bukan? Namun masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya dan fungsinya masing masing. Ternyata masing masing nama domain akan melambangkan hal hal yang berbeda. Contohnya adalah .com akan melambangkan sebuah situs komersial. Sehingga akhiran nama domain untuk yayasan pun akan berbeda dengan situs lainnya. Jadi ini akan dibahas lebih lanjut lagi di artikel ini.

Selain akhiran dari sebuah domain, ada juga nama yang digunakan. Masing masing domain akan memiliki nama yang unik. Contohnya adalah seperti Google, atau situs kami ini yaitu “Istiqomah.or.id”. Ini disebut dengan nama domain. Nama domain sangat dibutuhkan karena akan memberikan identitas untuk situs kalian. Tanpa nama, maka situs kalian pun tidak akan dikenal oleh banyak orang.

Cara Memilih Nama Domain Untuk Yayasan:

1. Nama Domain Untuk Yayasan Identik dengan Nama Yayasan

Tentunya nama sebuah situs harus langsung berhubungan dengan yayasan yang didirikan. Jika tidak berhubungan, maka para pengunjung pun akan sangat kebingungan saat melihat situs anda. Jadi sesuaikan saja nama domain dengan apapun yang berhubungan dengan yayasan anda. Contohnya adalah dengan mengambil beberapa kata kunci seputar yayasan anda untuk menjadikan itu nama domain. Ada juga cara yang lebih mudah untuk memilih nama domain untuk yayasan. Caranya adalah dengan langsung menaruh nama yayasan sebagai nama domain.

Baca juga : Infaq di Yayasan Yatim piatu terdekat, Apa alasannya

Hal yang identik dengan nama yayasan anda sangat penting untuk dilakukan. Pastikan nama tersebut juga identik. Jika tidak, para pengunjung bisa saja salah mengklik link atau situs yang lain. Ini biasanya diakibatkan karena situs anda memiliki nama domain yang mirip dengan situs milik orang lain. Sehingga sangat membingungkan dan situs kalian akan tertutupi oleh situs milik orang lain.

2. Menggunakan Top Level Domain yang Sesuai

Seperti yang anda ketahui, setiap situs akan memiliki nama domain masing masing. Namun setelah nama domain tersebut, ada juga yang disebut dengan top level domain atau TLD. Top level domain ini sangat penting untuk menyelesaikan sebuah nama domain. Setiap top level domain akan memiliki representasi domain yang berbeda beda. Contohnya adalah dengan .com yaitu merepresentasikan sebuah situs komersial. Banyak bisnis bisnis atau website umum akan menggunakan .com. Ini bukan berarti top level domain untuk sebuah yayasan cocok menggunakan .com. Karena masih ada beberapa pilihan lainnya untuk sebuah situs yayasan.

Salah satu top level domain yang wajib diketahui oleh anda semua adalah .org. Pastinya anda sudah sering melihat .org atau juga mendengarnya saat mencari sebuah situs. Situs .org khusus digunakan untuk NPO atau organisasi non profit. Ini berarti .org menjadi nama yang paling cocok dan sesuai untuk sebuah situs dengan nama domain untuk yayasan/ yayasan yatim piatu. Menggunakan .org akan membedakan sebuah situs yayasan tersebut dengan situs situs lainnya. Sekitar 90% dari semua situs organisasi pun menggunakan .org untuk website yayasan atau organisasi mereka.

Keunggulan lainnya yang dapat diterima saat menggunakan .org adalah .org meningkatkan kredibilitas sebuah situs. Jika anda ingin membuat yayasan yang valid dan bisa dipercaya orang, maka gunakanlah .or.id untuk mencapai target tersebut. Sehingga orang pun akan lebih tertarik dalam mengunjungi situs yayasan yang anda dirikan. Ada juga top level domain lainnya seperti .or yaitu memiliki kesamaan dengan .org. Bedanya hanyalah .or atau .or.id telah mendapatkan popularitas yang lebih tinggi dibandingkan TLD lainnya. Sehingga banyak orang pun memilih .or.id untuk nama yayasan mereka. Akan tetapi untuk kepemilikan domain .or.id tentu banyak tahapan yang harus dilalui sebagai lembaga yayasan yang kredible.

Inilah beberapa cara penting dalam memilih nama domain untuk yayasan atau organisasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda semua.

Baca juga artikel kami mengenai: Tips Memilih Yayasan Yatim Piatu Terpercaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *