Diskusi Ringan Soal Tebak Isi Hati Orang


Pengajian sore

Apa hukumnya menebak isi hati orang lain?

Ustadz menjawab: haram

Kang sir: kok haram ustadz

Ustadz: karena dapat menimbulkan fitnah dan hanya Allah yang bisa melihat isi hati hambanya.

Kang sir: ooh gitu,

Ustadz: perlu diingat, jika kita terbiasa menebak hati orang, bisa menimbulkan kebiasaan su'u dzon ( perasangka buruk)

KaNg sir: bahaya juga ya. Ustadz. Tp bagaimana nebak isi hati pasangan kita?

Pak rt: hoo... Kayak dah punya calon aja.

Kang sir; huuus, pak rt. Diem diem aja.

Ustadz: lebih baik kita bertanya daripada bersangka atau menduga.

Kang sir : oh, gitu. Ya udah dah. Klo ada yg tanya " kenapa kamu nggak ngerti perasaan aku?" bagaimana?

Ustadz: hanya Allah yang berhak mengetahui isi hati mu. Udah cukup.

Wa Allahu 'alam bi shoab.

Kang sir: alhamdulillah. Dapat jawaban.

Tidak ada komentar: