Mengenal Kitab Fathul Majid Karya Syaekh Nawawi


             Kitab Fathul Majid adalah Syarah (penjelas) dari Kitab Matan Ad Darul Farid karya Syaekh Muhammad An Nahrawi, yang menuangkan tulisan tentang teologi islam dengan ringkas dan mudah dipahami. Beliau menampilkan dua hujjah (argumentasi). Dalil Aqli (Logika) dan Dalil Naqli (Al Qur'an) ditampilkan secara ringkas dan padat.
               Syaekh Muhammad Nawawi Al Jawi As Syafi'i dalam Kitab Fathul Majid yang merupakan penjabaran dari kitab Ad Darul Farid menuangkan gaya penulisan komparasi (pembandingan) dari pola-pola pemikiran sekte-sekte (Mazhab) Tauhid (teologi) Islam. 

          Pembaca atau pengajar kitab Tauhid pasti akan terkagum-kagum melihat kitab fathul majid yang tipis, ringkas tapi berbobot melebihi kitab-kitab tebal. Perdebatan-perdebatan itu ditampilkan sesuai permasalahan. Kitab Fathul Majid seperti ruang diskusi sekte-sekte teologi Islam dalam pelbagai masalah ketauhidan. Syaekh Nawawi tidak menulis kelompok itu salah atau sesat. Beliau hanya menampilkan perbandingan pendapat antar sekte-sekte. Kehati-hatian beliau menulis karya membuat kitab Fathul Majid menjadi kitab wajib dibaca di miliki oleh umat muslim Indonesia maupun mancanegara.

والله أعلم بالصواب
         
          

            

Posting Komentar

0 Komentar